Hai
semuanya dipostingan kali ini saya akan menjelaskan administrasi alat tes pada
proses rekrutmen. Rekrutmen ini
bertujuan untuk mengisi posisi Human Resource dengan kriteria sebgai berikut :
1.
Pendidikan Sarjana (S1).
2.
Berewarganegaraan Indonesia.
3.
IPK minimal 3.00 dari skala 4.00.
4.
Bersedia ditempatkan dan ditugaskan
di seluruh wilayah kerja PT.SUCOFINDO (PERSERO).
5.
Mencantumkan kode posisi jabatan pada
sudut kanan atas amplop.
6.
Tidak mempunyai hubungan keluarga
dengan pegawai perusahaan sebagai suami-istri, kaka-adik kandung/tiri/angkat,
orangtua anak kandung/tiri/angkat.
7.
Penempatan di Jakarta
8.
Belum menikah.
9.
Umur maksimal 25 tahun pada saat
mengajukan surat lamaran.
10. Tidak
pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai pegawai suatu instansi
pemerintahan atau swasta.
11. Hanya
yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi di Jakarta.
Faktor-faktor
yang dibutuhkan dalam pekerjaan, antara lain :
Ø Talent.
Ø Aptitude=IQ.
Ø Interest
(Minat).
Ø Attitude
Ø Personality------
tekun, emosi stabil, detail dan cepat.
A.
Intelegensi.
Menurut
Binet dan Simon (1905), intelegensi adalah kemampuan untuk menilai, mengerti,
dan menalar dengan baik, selain itu Humphreys (1971) juga menjelaskan jika
intelegensi adalah semua keterampilan yang diperoleh, pengetahuan dan
kecenderungan pertimbangan intelektual sebagai sifat dasar yang dimiliki
seseorang dalam periode waktu tertentu.
Klasifikasi
umum:
·
70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental.
·
80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull
Normal).
·
91 – 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata.
·
111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal).
·
120 – 130 : Tingkat IQ superior.
·
131 :
atau lebih Tingkat IQ sangat superior atau jenius.
Rata-Rata
Atas (111 – 120)
Kelompok
ini merupakan kelompok kelompok orang yang normal tetapi berada pada tingkat
daya nalar yang tinggi.
Rata-Rata
(91 – 110)
Rata-Rata
Bawah (80-90)
Agak
lambat dalam belajar, dapat menyelesaikan sekolah menengah tingkat pertama tapi
sedikit kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas pada jenjang SLTA.
Terdapat
banyak alat tes yang dapat digunakan untuk mengukur intelegensi (tes
intelegensi) antara lain, MAB-II, WAIS, CogAT, CFIT, DAT, IST dan SPM. Dalam
administrasi alat untuk rekrutmen ini, akan menggunakan CFIT untuk mengukur intelegensi
untuk calon pegawainya yaitu CFIT. Mengapa lebih memilih menggunakan CFIT
daripada alat tes intelegensi yang lain? Karena CFIT lebih cepat waktu
pengerjaannya daripada alat tes intelegensi lainnya seperti IST dan DAT.
a.
Administrasi CFIT
CFIT
terdiri atas 4 subtes dan setiap subtes harus dikerjakan dalam batas waktu
tertentu
·
Subtes 1 – series (3 menit).
·
Subtes 2 – Classification (4 menit).
·
Subtes 3 – Matrices (3 menit).
·
Subtes 4 – Condition / typology (2,5
menit).
b.
Peralatan :
·
Buku soal CFIT.
·
Lembar jawaban
·
Stopwatch.
·
Alat tulis (pensil).
Instruksi
:
·
Subtes 1 – series (3 menit)
Di
sebelah atas, anda akan menemukan sederet kotak yang berisi urutan gambar.
Namun, kotak terakhir belum ada isinya. Tugas anda adalah mengisi kotak tersebut
dengan gambar yang sesuai, yang bias dipilih dari enam pilihan jawaban yang
tersedia, yaitu A, B, C, D, E dan F. Perlu diingat bahwa gambar-gambar pada
soal memiliki pola tertentu sehingga untuk mengisinya,anda perlu mengetahui
pola dari urutan gambar tersebut.
·
Subtes 2 – Classification (4 menit)
Pada
setiap soal, anda akan menemukan 5 buah gambar yang disusun secara
berdampingan. Telitilah gambar-gambar tersebut. Tugas anda adalah menemukan
tepat DUA gambar yang memiliki karakteristik yang serupa. TIGA gambar lainnya
berfungsi sebagai pengecoh anda, sehingga berhati-hatilah dalam menentukan
pilihan.
·
Subtes 3 – Matrices (3 menit)
Di
bagian sebelah kiri, anda akan menemukan sebuah kotak besar, yang
didalamnyaterdapat kotak-kotak kecil bergambar. Anggaplah ini adalah gambar
sebuah sapu tangan, di mana kotak-kotak tersebut memiliki pola tertentu.
Perhatikan bahwa bagian sebelah kanan bawah masih kosong. Tugas anda adalah
melengkapi bagian kosong tersebut dengan salah satu dari 5 pilihan jawaban di sebelah
kanan.
·
Subtes 4 – Condition (2,5 menit)
Pilihlah
satu dari kelima jawaban yang mencerminkan kondisi yang sama dengan gambar
contoh di sebelah kiri.
B.
Tes Minat
Tes
minat dalam rekrutmen ini akan meggunakan alat tes RMIB. RMIB memiliki banyak
kelebihan, antara lain :
·
Lebih mudah dikerjakan oleh subyek.
·
Score dapat disusun dengan lebih
cepat.
·
Lebih cocok diberikan kepada orang
dewasa.
·
Hasil keseluruhan menunjukkan pola
interest subjek.
·
Dapat diberikan secara
klasikal/individual.
a.
Administrasi RMIB instruksi :
1.
Pertama-tama katakan kepada mereka :
“Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah lama, dan
keteramngan-keterangan lain mengenai diri sudara di kolom yang sudah disediakan
di sebelah atas dalam formulir”.
2.
Sesudah beberapa saat, di lanjutkan :
“Kemudian bacalah instruksi yang terdapat dalam formulir tersebut” BUnyi
instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut” di bawah ini akan sodara
temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun dalam nenerapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan
merukan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian
tersendiri. Mungkin hanya beberapa di antaranya yang sodara sukai. akan tetapi
disini sodara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin sodara lakukan
atau paling sodara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan
sodara terima atau apakah sodara akan berhasil dalam mengerjakannya
3.
Di beri waktu lagi untuk beberapa
saat, dan….. ;“Ada pertanyaan?” Untuk responden dengan intelejensi yag rendah
dapat diberikan beberapa ilustrasi sebagai berikut :“ Seandainya saudara mempunyai
suatu daftar beberapa buah-buahan misalkan jeruk, nanas, dan rambutan. dan
kemudian saya tanyakan kepada soudara buah mana yang paling anda sukai. apabial
sodara paling suka buah mangga maka sodara tulis no atau angka 1 di belakang
mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka angka
sodara tulis angka 2 di belakang nanas. demikian seterusnya sehingga di
belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukan urutan dari buah-buah
kesukaan saudara.
4.
Apabila tidak terdapat pertanyan maka
instruksi data di teruskan: “sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu
sesuai dengan instruksi tadi. mengenai beberpaa pekerjaan yang belum atau
kurang saudara kenal dapat anda baca keterangannya dibagian akhir formulir ini.
5.
Apabila saudara membuat kesalahan
coretlah nomor yang salah tersebut dan tulislah angka yang benar di samping angka
yang salah. Saudara selesai mengerjakannya dapat mengembalikan formulir
tersebut.
6.
Kemudian sesudah responden selesai
mengisi atau membuat rengking kepada mereka di instruksikan untuk menulis 3
jenis pekerjaan yang di sukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang
terdapat di dalam daftar. boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar
boleh juga tidak. Waktu pengambilan tes tidak terbatas akan tetapi biasanya
seorang dewasa dapat mengerjakannya 20 menit.
3.
Tes Personality
Terdapat
banyak alat tes yang dapat digunakan untuk melihat kepribadian seseorang (tes
personality) antara lain, PAPI, NEO PI-R, DISC, EPPS, Kraepelin, Pauli, dll. Dalam
administrasi alat tes untuk rekrutmen ini, akan menggunakan Kraepelin untuk
calon pegawainya. Mengapa lebih memilih menggunakan Kraepelin daripada alat tes
personality yang lain? Karena Kraepelin
lebih cepat waktu pengerjaannya daripada alat tes personality lainnya seperti Pauli, EPPS, PAPI, dll.
Peralatan
:
Ø Lembar
Kraeplin.
Ø Pensil
(HB/2B tidak masalah).
Ø Penggarisan.
Ø Stopwatch.
a.
Instruksi
·
Anda akan menemukan deretan bilangan
dan terbagi dalam lajur-lajur. Tugas anda adalah menjumlahkan antara SATU
bilangan dengan SATU bilangan lain yangtepat berada di atasnya.
§ Mulailah
dari bilangan paling bawah, dan dari lajur paling sebelah kiri.
§ Setiap
saya katakan PINDAH, maka anda harus menghentikan kerja anda di satu lajur.
Segera pindahlah ke lajur di sebelah kanannya.
§ Dan
begitu seterusnya sampai saya katakan selesai.
§ Katakan
pada peserta untuk MENCORET jawaban bila melakukan kesalahan. Hindari menghapus
jawaban karena memakan waktu.
§ Jangan
lupa : BERI CONTOH DI PAPAN TULIS
§ Selalu
kerjakan sebanyak 41 lajur. Lajur terakhir adalah cadangan seandainya terdapat
parit.
0 komentar:
Posting Komentar